Rabu, 09 Maret 2011

17-20 Juli Pertemuan Penyair Nusantara V di Palembang



Sumatera Selatan, 17—20 Juli mendatang menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pertemuan Penyair Nusantara yang ke lima. Pertemuan penyair nusantara ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya di Kota Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam tahun lalu. Hal itu diungkapkan oleh Thia Yufada saat memimpin rapat kepanitiaan baru-baru ini. Rapat kepanitiaan yang sudah berjalan empat kali pertemuan itu membahas persiapan-persiapan yang berhubungan dengan prasarana dan sarana. Selain memantapkan jadwal pelaksanaan.

Thia Yufada selaku ketua pelaksana menjelaskan, pertemuan penyair nusantara yang akan dilaksanakan bulan Juli mendatang itu akan menghadirkan penyair dari Filipina, Singapura, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Indonesia untuk melakukan pertunjukan atau pembacaan puisi di beberapa tempat serta apresiasi puisi ke sekolah-sekolah menengah atas dan perguruan tinggi negeri dan swasta. Di dalam kegiatan yang menyita waktu selama empat hari itu akan diwarnai dengan kegiatan seminar puisi internasional, workshop penulisan, pameran/bazar buku, dan wisata budaya.
“Untuk seminar puisi internasional kita juga akan mengundang pembicara yang pakar di bidangnya. Seminar ini nantinya diperuntukan kepada mahasiswa, pelajar, guru, dosen, penyair, dan peminat.” Kata Thia Yufada yang juga Deputi antarlembaga DKSS ini.
Acara pertemuan ini menurutnya merupakan tradisi tahunan yang disepakati bersama dari pertemuan-pertemuan sebelumnya. Pertemuan penyair ini bermula di Kota Medan dengan label The First Medan Poetry Gathering 2007 sampai berkembang dan berlanjut dengan disertai oleh komunitas sastera dan budaya di Brunei. Gabungan komunitas penyair dari Indonesia, Malaysia, dan Brunei ini akhirnya telah membentuk panitia resmi Pertemuan Penyair Nusantara. “Sumatera Selatan diberi kepercayaan untuk menyelenggarakan kegiatan ini. Untuk itu pula kegiatan pertemuan penyair nusantara ini juga merupakan rangkaian kegiatan Road to Sea Games 2011 yang dicanangkan pada acara Refleksi Seni 2010 oleh DKSS.
Sementara itu, Anwar Putra Bayu selaku sekretaris pelaksana memberikan klarifikasi sehubungan dengan jadwal yang diinformasikan sebelumnya melalui facebook grup Pertemuan Penyair Nusantara V. “Memang pada rapat sebelumnya kita memutuskan bulan Juni, namun kemudian setelah rapat selanjutnya dimantapkan jadi bulan Juli mengingat berbagai pertimbangan secara teknis,” demikian kata Anwar Putra Bayu. (IH-humas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar