Selasa, 29 Maret 2011

SEMINAR INTERNASIONAL PUISI NUSANTARA

Latar Belakang
Pertemuan Penyair Nusantara adalah sebuah even sastra yang diselenggarakan setiap tahun. Tahun 2011 ini merupakan pertemuan ke-5, yang akan diselenggarakan oleh Dewan Kesenian Sumatera Selatan (DKSS), 17--20 Juli 2011 di Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia.

Sebagaimana tradisi pertemuan penyair nusantara sebelumnya, diisi oleh kegiatan baca puisi, peluncuran buku puisi, pameran buku sastra, wisata budaya, dan kegiatan seminar selalu tetap menjadi bagian yang terpenting dalam mata acara PPN. Seminar PPN V di Palembang ini akan melihat pertumbuhan serta perkembangan perpuisian terkini di masing-masing wilayah nusantara.
Perjalanan sastra, khususnya puisi di setiap negara dan bangsa tentunya memiliki problema sendiri-sendiri, yang bersentuhan dengan karya, media, penerbitan, kritik, dan lain-lain yang menyertainya. Keanekaragam persoalan itu menjadi sebuah perbincangan, bahkan perdebatan yang diharapkan menghasilkan jalan keluar yang positif bagi keberlanjutan kehidupan perpuisian di masing-masing wilayah.
Setidaknya, seminar yang menjadi rangkaian kegiatan PPN V ini diharapkan sebagai upaya membuka jalan guna membagikan dan mengapresiasikan ungkapan manusia dari keberagaman budaya, bangsa, etnis, dan ideologi. bangsa atau negara. Selain itu, diharapkan menjadi jembatan persaudaraan dan kebersamaan untuk mengenal lebih dekat tradisi serta sistem sastra setiap bangsa atau negara.
Tujuan
Seminar Internasional ini memiliki tujuan antara lain:
a. Mengkaji dan memerikan kekayaan pemikiran dan wawasan dalam rangka melihat gambaran puisi nusantara mutakhir.
b. Menggali khazanah makna dan nilai yang terkandung di balik puisi nusantara mutakhir guna penguatan karakter dan jati diri bangsa.
c. Membangun jejaring penyair, pemerhati, pengkaji, dan pelestari puisi nusaantara.
Tema
Potret Puisi Nusantara Mutakhir
Pokok Bahasan:
a. Estetika dan gaya puisi nusantara mutakhir.
b. Ruh dan ideologi puisi nusantara.
c. Perluasan media puisi, dari media cetak ke media digital.
d. Orientasi, komitmen, dan pengaruh media terhadap pertumbuhan puisi
e. Model pengajaran puisi yang ideal.
f. Menggairahkan kembali tradisi kritik puisi
Pemakalah Utama
Prof. Dr. Budi Darma, Prof. Dr. Abdul Hadi, WM, Dr. Taufik Ismail, Dr. Tarech Rasyid, Drs. Ahmadun Yosi Herfanda, Chavcay Syaifullah (Indonesia), Prof. Muhammad Haji Salleh, Ph.D, Dato Dr. Ahmad Khamal Abdullah, Prof. Dr. Mohammad Saleh Rahamad, Rahimidin Zahri, Dr.. Irwan Abu bakar (Malaysia), Dr. Razak Pandangmalam, Dr. Nik Abdul Rakib bin Nik Hassan (Thailand), Dr. Zefri Arrif, Suip bin Hj. Abd. Wahab, Mohd. Shahrin bin Haji Metussin (Brunei Darussalam), Dr. Suratman Markasan, Putra Kikir, Djamal Tukimin (Singapura)*
*Tentatif
Pemakalah Pendamping
Selain itu, seminar juga mengajak peserta atau peminat untuk menyajikan makalah sebagai pemakalah pendamping (penunjang) dengan ketentuan bahwa makalah-makalah yang diterima akan disaring dan segera diinformasikan untuk disajikan dalam sidang pleno dan kelompok.
Syarat-Syarat Penerimaan Makalah
a. Makalah ditulis sesuai tema seminar.
b. Abstrak maksimum 200 kata, telah diterima oleh panitia paling lambat 30 April 2011 dikirim kepada Panitia Pertemuan Penyair Nusantara V alamat: dekasumsel@gmail.com
c Abstrak makalah yang diterima diumumkan pada 10 Mei 2011. Makalah lengkap diserahkan dalam bentuk CD/via email paling lambat 30 Mei 2011.
d. Jumlah halaman, termasuk daftar pustaka, maksimum 10 halaman dengan ketikan Times New Roman 12, spasi 1, dengan ukuran kertas A4 .
e. Makalah yang diterima namun tidak dapat disajikan karena keterbatasan waktu akan dimuat dalam prosiding ber ISBN.
Peserta Seminar
Seminar ini terbuka bagi para pecinta sastra baik dari berbagai kalangan: perguruan tinggi, instansi pemerintah, lembaga penelitian, lembaga pendidikan, para pendidik, dan lainnya.
Waktu dan Tempat
Seminar ini diselenggarakan pada tanggal 19 Juli 2011, pukul 08.00 s.d 16.00 di Hotel Swarnadwipa, Jalan. Tasik, Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia.
Biaya Pendaftaran
Peserta seminar dikenakan biaya pendaftaran dengan mendapat fasiliatas seminar kit, sertifikat, kudapan, dan makan siang. Sedangkan biaya transportasi dan penginapan ditanggung sendiri oleh peserta maupun pemakalah penunjang (pendamping). Bagi yang berminat prosiding seminar dapat dipesan melalui panitia seminar dengan mengganti biaya cetak sebesar Rp 100.000,00.
Adapun biaya seminar sebagai berikut:
a. Pemakalah pendamping Rp. 250.000,00. (untuk dalam negeri) dan Rp. 500.000,00. (untuk luar negeri). Biaya sudah termasuk mendapatkan prosiding seminar.
b. Peserta umum Rp. 150.000,00. dan mahasiswa Rp. 100.000,00. (Dengan menunjukan kartu mahasiwa). Biaya pendaftaran tersebut dapat dikirim melalui BANK SUMSEL , dengan No. Rekening: 140-09-27852 atas nama DEWAN KESENIAN SUMATERA SELATAN atau datang langsung ke Sekretariat Dewan Kesenian Sumatera Selatan (DKSS), Komplek Taman Budaya, Jalan Amri Yahya, Seberang Ulu I, Jakabaring, Palembang, telp. (+62) 07117082207. Bukti pembayaran dikirimkan ke alamat sekretariat DKSS via Email dengan alamat: dekasumsel@gmail.com
Penyelenggara
Seminar ini diselenggarakan oleh Panitia Pertemuan Penyair Nusantara V, Dewan Kesenian Sumatera Selatan.
Lain-lain.
Informasi lebih lanjut menghubungi panitia :
SAUDI BERLIAN : +6281373133864
LINNY OKTOVIANNY : +62816381602
RENA KD. : +627117082207
Alamat surat menyurat : e-mail : dekasumsel@yahoo.com

1 komentar:

  1. Tuan Urus Setia, tolong hantarkan prospektus Pertemuan Penyair Nusantara kepada;
    Encik Zabidin Hj Ismail
    Presiden
    Persatuan Karyawan Perak [Karyawan Pk]
    No. 30 Jalan Wira Jaya, Taman Desa Indah,
    31350 Ipoh, Perak
    MALAYSIA

    BalasHapus