Senin, 01 Agustus 2011

Pertemuan Penyair Nusantara V Digelar di Palembang

Tahun ini, Pertemuan Penyair Nusantara (PPN) V digelar di Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia pada 16 hingga 19 Juli 2011. 

Pertemuan ini diikuti penyair dari tujuh negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand, Sri Lanka, serta Swedia. PPN merupakan ajang tukar pikiran para penyair di tujuh negara Asia Tenggara, yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, Kamboja, Singapura, dan Brunei Darussalam. Dengan pertemuan itu, bisa diketahui perkembangan puisi dari berbagai negara bertetangga yang memiliki hampir kesamaan dalam berbahasa yakni bahasa Indonesia dan bahasa Melayu.

Dalam PPN V ini, para penyair peserta langsung memeragakan pembacaan puisi di hadapan para siswa dan mahasiswa. Acara juga akan diisi dengan peluncuran  buku kumpulan puisi Akulah Musi, karya para penyair dalam dan luar negeri yang tergabung di PPN. Selain penerbitan antologi pada PPN V di Palembang, juga akan ada pembacaan puisi pada pembukaan dan penutupan oleh sastrawan Sutardji Calzoum Bachri, Dato' Kemala, Nana Riskhi Susanti, Inggit Putria Marga.

PPN yang antara lain diisi dengan kegiatan dialog, pembacaan puisi, seminar kesusastraan ini melibatkan sanggar-sanggar seni dan mengikutsertakan setidaknya 2.000 pelajar dari universitas-universitas di seluruh Palembang.

Sebelumnya, PPN I digelar di Medan pada tahun 2007, PPN II di Kediri pada tahun 2008, PPN III di Malaysia pada tahun 2009, dan PPN IV di Bandar Sri Begawan, Brunei Darussalam tahun 2010. (opie, berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar